Maqam 2 - Wara'
Syaikh Abu Nashr as-Sarraj -rahimahullah- berkata: Maqam wara' adalah kedudukan spiritual yang mulia. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: ''Tiang penyanggah agamamu adalah wara'.'' (HR. Bazzar, ath-Thabrani, dan as-Suyuthi dari Hudzaifah). *
Sementara itu, orang-orang yang wara' ada tiga tingkatan: Pertama, orang yang menjauhkan diri (wara') dari sesuatu yang syubhat, dimana hukumnya masih belum jelas antara yang benar-benar halal dengan yang benar-benar haram. Ia juga berusaha menjauhkan diri dari sesuatu yang tak bisa diharamkan atau dihalalkan secara mutlak. Untuk menyikapi di antara dua hal ini, maka ia mengambil langkah untuk menjaga diri (wara') dari keduanya. Ini sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Ibnu Sirin, ''Tak ada sesuatu yang lebih ringan bagiku daripada wara'. Sebab tatkala ada sesuatu yang meragukan, maka aku tinggalkan.'' *
---
Kedua, orang yang menjauhkan diri dari sesuatu yang menjadi keraguan hatinya dan ganjalan di dadanya ketika mengonsumsi atau mendapatkannya. Ini tentu tak bisa diketahui kecuali oleh mereka yang hatinya bersih dan orang-orang yang sanggup mengaktualisasikan kebenaran secara hakiki. Sabda Rasulullah saw.: ''Dosa adalah apa yang membekas (dan menjadi ganjalan) di dadamu.'' (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi dari Nuwas bin Sam'an). *
---
Abu Said al-Kharraz -rah- berkata: ''Wara' adalah tindakan membersihkan diri dari perbuatan zalim terhadap makhluk sekalipun sebesar atom. Sehingga tak ada seorangpun di antara mereka menuntut dari suatu tindakan zalim atau tuduhan yang dialamatkan pada dirimu.'' Dikisahkan dari Abu Abdillah al-Harits bin Asad al-Muhasibi bahwa tangannya tak pernah menjamah makanan yang syubhat. *
---
Sebagaimana dikisahkan dari Bisyr al-Hafi -rah-, bahwa ia pernah diajak ke suatu undangan. Kemudian di depannya dihidangkan suatu makanan. Ia berusaha sekuat tenaga untuk mengambil makanan yang ada di depannya, namun tangannya tak juga sampai. Kemudian ia berusaha lagi sekuat tenaga, ia paksa sampai tiga kali, namun tak sampai juga. Maka seseorang yang mengenalnya berkata, ''Sesungguhnya tangannya tak pernah menyentuh makanan haram atau yang didalamnya ada syubhat. Semestinya tuan rumah tak perlu mengundang orang ini ke rumahnya.'' *
---
Sahl bin Abdullah pernah ditanya tentang sesuatu yang halal, lalu ia menjawab: ''Sesuatu yang halal ialah sesuatu yang di dalamnya tidak ada tindakan maksiat kepada Allah.'' Syaikh Abu Nashr as-Sarraj -rah- berkata: Sesuatu yang di dalamnya tidak ada tindakan maksiat kepada Allah, tidak bisa disiapkan untuk seseorang sehingga bisa memahaminya kecuali dengan isyarat hati. *
---
Apabila ada orang bertanya, ''Apakah Anda punya dalil atau argumentasi ilmiah yang berkaitan dengan ini?'' Maka Anda bisa menjawabnya, ''Ya, yaitu sabda Rasulullah saw. kepada Wabishah: 'Mintalah fatwa pada hatimu, meskipun banyak orang memberi fatwa kepadamu.' (HR. Ahmad, Bukhari, ad-Darimi, dan ath-Thabrani). Kemudian sabda beliau: 'Dosa adalah apa yang membekas (dan menjadi ganjalan) di dadamu.' Tidakkah Anda melihat bahwa Nabi mengembalikan semua itu pada isyarat hati nurani?'' *
---
Ketiga, orang-orang arif dan sanggup menghayati dengan hati nuraninya. Mereka menjaga diri meskipun dari yang halal, jika itu akan menyibukkan hati dan membuatnya lalai dari mengingat Allah. Ini sebagaimana yang dikatakan Abu Sulaiman ad-Darani, ''Segala sesuatu yang menjadikanmu lalai dengan Allah, maka itu merupakan bencana bagimu.'' Sebagaimana jawaban Sahl bin Abdullah saat ditanya tentang halal yang murni, ''Sesuatu yang halal adalah sesuatu yang tidak untuk bermaksiat kepada Allah. Sedangkan halal yang murni adalah sesuatu yang di dalamnya Allah tidak dilupakan.'' *
---
Sementara wara' terhadap sesuatu yang tidak akan melupakan Allah adalah wara' yang ditanyakan kepada Abu Bakar Dulaf bin Jahdar asy-Syibli -rah- ''Wahai Abu Bakar, apakah wara' itu?'' Ia menjawab, ''Engkau bisa menjaga diri (wara') dengan cara hatimu tak terpencar untuk mengingat Allah meskipun hanya sekejap mata.'' *
---
Dengan demikian, maka tingkatan wara' yang pertama adalah tingkatan wara' kaum awam (pemula), yang kedua adalah wara' kaum khusus (khawas), dan yang ketiga adalah wara' kaum yang lebih khusus dari mereka yang khusus (khawasul khawas). Sedangkan wara' mengharuskan berperilaku zuhud. *
---
Demikian ringkasan tentang wara' dari kitab Al-Luma'. Bahasan tentang wara' sesungguhnya masih sangat luas dan panjang. *
---
Syaikh Abu Nashr as-Sarraj -rahimahullah- berkata: Maqam wara' adalah kedudukan spiritual yang mulia. Sebagaimana sabda Rasulullah saw.: ''Tiang penyanggah agamamu adalah wara'.'' (HR. Bazzar, ath-Thabrani, dan as-Suyuthi dari Hudzaifah). *
Sementara itu, orang-orang yang wara' ada tiga tingkatan: Pertama, orang yang menjauhkan diri (wara') dari sesuatu yang syubhat, dimana hukumnya masih belum jelas antara yang benar-benar halal dengan yang benar-benar haram. Ia juga berusaha menjauhkan diri dari sesuatu yang tak bisa diharamkan atau dihalalkan secara mutlak. Untuk menyikapi di antara dua hal ini, maka ia mengambil langkah untuk menjaga diri (wara') dari keduanya. Ini sebagaimana yang pernah dikatakan oleh Ibnu Sirin, ''Tak ada sesuatu yang lebih ringan bagiku daripada wara'. Sebab tatkala ada sesuatu yang meragukan, maka aku tinggalkan.'' *
---
Kedua, orang yang menjauhkan diri dari sesuatu yang menjadi keraguan hatinya dan ganjalan di dadanya ketika mengonsumsi atau mendapatkannya. Ini tentu tak bisa diketahui kecuali oleh mereka yang hatinya bersih dan orang-orang yang sanggup mengaktualisasikan kebenaran secara hakiki. Sabda Rasulullah saw.: ''Dosa adalah apa yang membekas (dan menjadi ganjalan) di dadamu.'' (HR. Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Tirmidzi dari Nuwas bin Sam'an). *
---
Abu Said al-Kharraz -rah- berkata: ''Wara' adalah tindakan membersihkan diri dari perbuatan zalim terhadap makhluk sekalipun sebesar atom. Sehingga tak ada seorangpun di antara mereka menuntut dari suatu tindakan zalim atau tuduhan yang dialamatkan pada dirimu.'' Dikisahkan dari Abu Abdillah al-Harits bin Asad al-Muhasibi bahwa tangannya tak pernah menjamah makanan yang syubhat. *
---
Sebagaimana dikisahkan dari Bisyr al-Hafi -rah-, bahwa ia pernah diajak ke suatu undangan. Kemudian di depannya dihidangkan suatu makanan. Ia berusaha sekuat tenaga untuk mengambil makanan yang ada di depannya, namun tangannya tak juga sampai. Kemudian ia berusaha lagi sekuat tenaga, ia paksa sampai tiga kali, namun tak sampai juga. Maka seseorang yang mengenalnya berkata, ''Sesungguhnya tangannya tak pernah menyentuh makanan haram atau yang didalamnya ada syubhat. Semestinya tuan rumah tak perlu mengundang orang ini ke rumahnya.'' *
---
Sahl bin Abdullah pernah ditanya tentang sesuatu yang halal, lalu ia menjawab: ''Sesuatu yang halal ialah sesuatu yang di dalamnya tidak ada tindakan maksiat kepada Allah.'' Syaikh Abu Nashr as-Sarraj -rah- berkata: Sesuatu yang di dalamnya tidak ada tindakan maksiat kepada Allah, tidak bisa disiapkan untuk seseorang sehingga bisa memahaminya kecuali dengan isyarat hati. *
---
Apabila ada orang bertanya, ''Apakah Anda punya dalil atau argumentasi ilmiah yang berkaitan dengan ini?'' Maka Anda bisa menjawabnya, ''Ya, yaitu sabda Rasulullah saw. kepada Wabishah: 'Mintalah fatwa pada hatimu, meskipun banyak orang memberi fatwa kepadamu.' (HR. Ahmad, Bukhari, ad-Darimi, dan ath-Thabrani). Kemudian sabda beliau: 'Dosa adalah apa yang membekas (dan menjadi ganjalan) di dadamu.' Tidakkah Anda melihat bahwa Nabi mengembalikan semua itu pada isyarat hati nurani?'' *
---
Ketiga, orang-orang arif dan sanggup menghayati dengan hati nuraninya. Mereka menjaga diri meskipun dari yang halal, jika itu akan menyibukkan hati dan membuatnya lalai dari mengingat Allah. Ini sebagaimana yang dikatakan Abu Sulaiman ad-Darani, ''Segala sesuatu yang menjadikanmu lalai dengan Allah, maka itu merupakan bencana bagimu.'' Sebagaimana jawaban Sahl bin Abdullah saat ditanya tentang halal yang murni, ''Sesuatu yang halal adalah sesuatu yang tidak untuk bermaksiat kepada Allah. Sedangkan halal yang murni adalah sesuatu yang di dalamnya Allah tidak dilupakan.'' *
---
Sementara wara' terhadap sesuatu yang tidak akan melupakan Allah adalah wara' yang ditanyakan kepada Abu Bakar Dulaf bin Jahdar asy-Syibli -rah- ''Wahai Abu Bakar, apakah wara' itu?'' Ia menjawab, ''Engkau bisa menjaga diri (wara') dengan cara hatimu tak terpencar untuk mengingat Allah meskipun hanya sekejap mata.'' *
---
Dengan demikian, maka tingkatan wara' yang pertama adalah tingkatan wara' kaum awam (pemula), yang kedua adalah wara' kaum khusus (khawas), dan yang ketiga adalah wara' kaum yang lebih khusus dari mereka yang khusus (khawasul khawas). Sedangkan wara' mengharuskan berperilaku zuhud. *
---
Demikian ringkasan tentang wara' dari kitab Al-Luma'. Bahasan tentang wara' sesungguhnya masih sangat luas dan panjang. *
---
Tidak ada komentar:
Posting Komentar